9.12.10

Kenapa Harus Naturalisasi?

Diposting oleh diorockout | 4:37 AM

Distasiun tv swasta, komentator bola favorit awak ndewe, bung koes pernah bilang "ada dua cara menyelamtkan persepakbolaan Indonesia, pertama naturalisasi untuk jangka pendek dan kedua pembinaan usia muda untuk jangka panjang". Kata-kata tersebut masih terngiang dibenak, keduanya memang opsi yang bagus. Naturalisasi dampaknya bisa kita lihat, Singapura 3 kali juara piala AFF. Pembinaan usia muda dapat memunculkan Boaz-Boaz baru atau semacam jendral lapangan tengah Ponaryo dalam jumlah banyak. Sangat benar opsi yang dikatakan oleh bung koes ini.

Awak ndewe sangat tidak setuju dengan adanya naturalisasi, walaupun cuma 1 atau 2 pemain, tetap saja mencoreng muka Indonesia yang dulu pernah jadi macan asia. Dengan 18 klub di Liga Utama dan 39 klub di kasta bawahnya, sangat omong kosong kalau tidak ada pemain yang bagus. Tapi masalahnya, bagaimana kalau memang tidak ada pemain yang bagus. Siapa yang harus disalahkan?

Bayangkan singapura yang negaranya sebesar kwaci kalau dilihat dari atlas punya beberapa pemain naturalisasi. Mau tahu akibatnya? Sekarang Singapura tidak lolos AFF karena pemainnya itu-itu saja. Coba bandingkan dengan logika kalau kita menggunakan pemain muda, udah tua-ganti baru-udah tua- ganti baru. Regenerasi muter. Pemain keturunan seperti Irfan Bachdim dapat didapat dengan mudah kalau regenerasi kita dapat berjalan lancar.

Okelah katanya untuk menyelamatkan, kalau menurut awak ndewe, "Lebih baik mundur satu langkah, untuk mengambil 1000 langkah kedepan". Lalu untuk piala AFF ini, kita kan tuan rumah? Who cares!! Ini memang salah pemimpin bola kita, biarkan mereka yang tanggung jawab, dan tetap, bukan dengan cara putus asa lalu menaturalisasi (walaupun cuma 1).

Salam dangdut.

posted from handed device

Bookmark and Share
3 komentar
  1. Harga Mobil Ford June 23, 2015 at 10:20 AM  

    I am really impressed by this on-line journal! extraordinarily clear clarification of problems is given and it's receptive each living soul. I actually have perused your post, really you've got given this extraordinary informative knowledge regarding it.

  2. mutiara lombok July 13, 2017 at 11:52 AM  

    salam kenal ya semua

  3. Unknown September 5, 2018 at 2:30 PM  

    WONDERFUL Post.thanks for share..more wait..

    Click Here
    Openstreetmap.org

Post a Comment

Silahkan langsung tulis komentar dibawah ini..
Hehehehe, makasih..
Blog ini do follow, jadi untuk mendapatkan backlink gratis, pilih comment as : name/URL