29.6.09

Fair Play

Diposting oleh diorockout | 12:39 AM

Fair Play, diambil dari kata Fair yang berarti adil dan play yang berarti bermain. Jadi fair play, bermainlah yang adil. Itu dalam arti kasar, dalam arti halus, bermakna sportif dan adil. Konteks permainan yang fair play adalah, tidak bermain kasar, sportif, dan lapang dada. Fair play memang identik dengan sepak bola, tetapi belakangan ini semua olahraga harus menganut fair play.


Anda lihat pertandingan final Copa Indonesia 2009 antara Sriwijaya FC Vs Persipura? It's not fair play, but it's sportif. Pada waktu pertandingan tersebut, Persipura tertinggal 0-1 di babak ke 2. Lalu, terjadi kemelut didepan gawang Sriwijaya FC, saat striker Persipura menendang ke gawang yang saat itu kosong, pemain belakang Sriwijaya FC tidak sengaja menyentuh bola dengan tangan, dan itu seharusnya pinalti. Tetapi, play on, pertandingan terus berjalan.

Keputusan wasit memang mutlak, wasit berkuasa, wasit juga manusia, sportif, kita junjung sepak bola fair play. Itulah kata-kata yang terlontar dari kubu Sriwijaya FC, dari kubu Persipura, sebaliknya. Ketua suporter dari Sriwijaya FC sempat melontarkan kata-kata berikut, "sebaiknya kita terima dengan lapang dada". Saya sempet tersenyum kecut, dalam hati bilang "coba kalo sriwijaya FC". Saya berani bertaruh, pasti terjadi hal yang sama, yaitu, MOGOK.

It's not fair play, Persipura tidak diuntungkan, Sriwijaya diuntungkan. It's sportif, wasit nakal, Persipura mogok, sportif bukan?

gambar dari sini

Bookmark and Share
6 komentar
  1. mbah sangkil June 29, 2009 at 8:56 AM  

    dari pemilihan tempat pertandingan juga sudah tidak fair, harusnya tempat pertandingan di daerah netral. Beda lho bermain di kandang sendiri dengan di kandang orang lain. Kalo persipura mogok memang salah kalo menurut aturan, tapi kalo mereka yang sudah datang jauh2 bahkan dari ujung pulau indonesia bagian timur ke ujung pulau indonesia bagian barat diperlakukan seperti itu ya mereka tentu akan sangat marah.

  2. Just Bryan June 29, 2009 at 12:23 PM  

    Sepakat...
    Dan kalau dilihat lagi sebagian besar pertandingan sepak bola di Indonesia seperti itu..("Sportif" maksudku)

  3. crow poc June 29, 2009 at 6:08 PM  

    kalo persebaya di posisi persipura..
    pasti habis tuh stadion sriwijaya. gak pernah takut walalupun diluar kandang. Ini bukan soal gak terima kekalahan. tapi pada keputusan wasit yang kurang tepat sehingga menimbulkan keuntungan sebelah pihak.

  4. diorockout June 29, 2009 at 6:49 PM  

    @mbah sangkil
    yoi mbah, pemilihan tempat itu kayaknya udah dari lama direncanakan disitu, sebenernya sih di senayan, tapi karena ada pemilu, jadi maen di sriwijaya. Tapi menurutku yo enak nang bandung sakjane, netral.
    @just bryan
    hiahahaha, yoi
    @kropok
    wes, rata dengan tanah!!

  5. Ciput M June 30, 2009 at 6:44 PM  

    acungkan ke 2 jempol ibu jari saya untuk Persipura

  6. azwar June 30, 2009 at 11:06 PM  

    Fair Play...
    i hope not just a slogan...

    salam kenal bro!

Post a Comment

Silahkan langsung tulis komentar dibawah ini..
Hehehehe, makasih..
Blog ini do follow, jadi untuk mendapatkan backlink gratis, pilih comment as : name/URL